Guru besar UIN Jakarta, Prof Azyumardi Azra, menceritakan pengalamannya saat mengunjungi Afghanistan. Azyumardi mengungkapkan, kondisi Afghanistan berbeda jauh dengan Indonesia yang begitu subur.
 
"Saya beberapa kali ke Afghanistan. Saya lihat negerinya kering, tandus. Enggak ada apa-apanya dibandingkan Indonesia," kata Azyumardi dalam diskusi bertajuk "Peran Pemerintah dan Pesantren dalam Penanggulangan Ekstrimisme/Terorisme" di Hotel Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (25/5).
 
Azyumardi pun mengkritik pandangan kelompok radikal yang kerap melakukan aksi teror dengan alasan ingin mendapatkan surga. Menurutnya, justru surga itu ada di Indonesia.
"Jadi kalau ada gambaran surga di Al-Quran, banyak air mengalir, gemercik, hijau, banyak buah yang tumbuh, itu Indonesia," ungkapnya.
 
Azyumardi juga menyebut, ideologi teroris yang ingin mengimpor konflik di Timur Tengah ke Indonesia sama saja dengan tidak mensyukuri nikmat yang ada. Ia pun mengimbau kelompok radikal untuk berpikir ulang.
"Kalau anda mau mengimpor Talibanism, ISIS, Al-Qaidah ke Indonesia bukan hanya kebliger. Anda kufur nikmat, anda menghancurkan citra surga yang ada di Al-Quran yang ada di Indonesia. Berpikir ulanglah," tegasnya.
 
"Jagalah Indonesia ini. Indonesia ini surga. Maka kita jangan ikut-ikutan menghancurkan diri dengan paham-paham tersebut. Pikiran-pikiran seperti itu harus dihilangkan," pungkasnya.
  • 0 comment
  • Read 136 times
Login to post comments