Print this page

Pesantren For Peace (PFP) menyelenggarakan workshop Pengembangan Desain Modul Pendidikan Toleransi, HAM dan Perdamaian di Pesantren.

Workshop dengan tema Pengembangan desain modul ini bertujuan mensosialisasikan hasil penelitian pemetaan konflik di Pulau Jawa, mendiskusikan secara mendalam kebutuhan pesantren dalam mempromosikan HAM dan penyelesaian konflik secara damai serta pengembangan desain modul pendidikan toleransi, HAM dan perdamaian yang sesuai dengan kebutuhan pesantren.

Workshop ini diselenggarakan di Hotel Novotel Surabaya pada tanggal 11-13 Mei 2015. Workshop yang diselenggarakan dalam tiga hari ini, dilaksanakan dalam tiga sesi dengan menghadirkan para pakar sebagai narasumber untuk setiap sesinya.

Sementara peserta workshop ini terdiri dari 30 peserta dari 29 pesantren di Surabaya dan sekitarnya dengan rincian 3 pesantren dari Bangkalan, 1 pesantren dari Sampang, 2 pesantren dari Pamekasan, 1 pesantren dari Sumenep, 1 pesantren dari Gresik, dan selebihnya dari Surabaya sebanyak 21 pesantren. Dari keseluruhan peserta, akan ada 6 peserta yang akan mewakili daerah Jawa Timur untuk mempresentasikan hasil diskusinya pada Workshop Pengembangan Modul di jakarta 29 sampai dengan 31 Mei 2015.

Dan narasumber dalam kegiatan workshop ini, antara lain Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si., perofessor sosiologi agama dan wakil direktur pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Malang; Dr. Chaider S. Bualim, MA., Peneliti senior CSRC UIN Jakarta dan Dosen FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Dr. Hesti Armiwulan, SH., M.Hum., Dosen FH Universitas Surabaya dan mantan Komisioner KOMNAS HAM; Mohamad Nabil, Peneliti PFP Project dan CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; KH. Muhammad Musyafa’, M.Th.I., Ketua Pondok Pesantren Al-Fithrah Surabaya; serta Dr. H. Hammis Syafaq, M.Fil.I., wakil dekan FISIP dan FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya.

Masukan-masukan dalam workshop ini berhasil disusun dalam bentuk Matrix modul pendidikan toleransi, HAM dan perdamaian di pesantren.

Dengan diselenggarakannya Workshop ini, diharapkan partisipasi dan sumbangan pemikiran dari peserta yang disampaikan dalam kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya mempromosikan pendidikan toleransi, HAM dan perdamaian di Pesantren.

 

Related items

Login to post comments