Print this page

Inception Workshop untuk Para Alumni Training Agama & HAM

Workshop ini diadakan di Hotel Kartika Wijaya Batu Heritage Malang tanggal 26-28 September 2012. Kerjasama antara CSRC UIN Jakarta dengan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Jakarta.Kegiatan ini melibatkan 24 orang alumni training Agama dan HAM dari berbagai daerah di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Madura, serta NTB. Tampil sebagai pembicara beberapa pakar dan aktivis HAM yang menyampaikan materi tentang HAM dari berbagai aspeknya. Antara lain, Syamsul Arifin (UniversitasMuhammadiyah Malang), Hikmahanto Juwana (UI Depok), Hesti Armiwula (Komnas HAM), Chaider S Bamualim (UIN Jakarta), dan Irfan Abubakar (CSRC UIN Jakarta).

Menurut, Irfan Abubakar (Direktur CSRC), workshop ini bertujuan untuk membekali para alumni training Agama dan HAM yang terpilih dengan berbagai konsep dan mekanisme HAM. Diharapkan pemahaman mereka tentang sistem HAM semakin baik dan mantap. Yang juga tidak kalah pentingnya, workshop ini merupakan cara yang tepat untuk mendiskusikan dan mengidentifikasi pengetahuan dan ketrampilan apa saja yang mereka butuhkan sebagai promotor HAM di lokalitas masing-masing. Hasil yang dirumuskan ini menjadi rekomendasi penting bagi CSRC-KAS  Jerman dalam menyusun rencana program untuk alumni selama tiga tahun ke depan.

Sejak tahun 2009, CSRC-KAS telah mengadakan training Agama dan HAM untuk para aktivis muda Muslim yang bekerja sebagai pimpinan dan atau pengajar pesantren.  Kegiatan ini telah diadakan 18 kali di 17 kota, termasuk Banda Aceh, Pamekasan (Madura), Pandeglang (Banten), Solo (Jateng), dan Samarinda (Kaltim). Solehuddin A. Azis, Koordinator program ini, menyebutkan bahwa  training ini telah menghasilkan 452 alumni, terdiri dari 293 laki-laki dan 159 perempuan. Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi program yang dilaksanakan oleh tim independen, training ini antara lain telah berhasil memberikan sebuah pencerahan bahwa Islam dan HAM tidak bertentangan dan karenanya memperjuangkan tegaknya HAM merupakan bagian dari ungkapan iman yang sah. 

 

 

Sumber : csrc

  • 0 comment
  • Read 354 times
  • Tagged under

Related items

Login to post comments