Field trip atau kunjungan ke Pondok Pesantren Edi Mancoro dan Kampoeng Persemaian Cinta Kemanusiaan atau umum dikenal sebagai Percik merupakan bagian dari kegiatan Training dan Field Trip “Pendidikan Perdamaian di Pesantren Berperspektif HAM dan Islam” yang diselenggarakan 29 September – 2 Oktober 2015, di Semarang, Jawa Tengah. Field trip dilaksanakan pada 1 Oktober 2015, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan peserta training tentang best practices bina damai dan penanganan konflik yang terjadi di Jawa Tengah dan memberikan pengalaman kepada peserta training tentang upaya yang dapat dilakukan dalam rangka bina damai dan penanganan konflik.

Alasan memilih Pondok Pesantren Edi Mancoro dan Kampoeng Percik sebagai tujuan field trip tidak lain adalah bahwa kedua lembaga ini merupakan lembaga yang terlibat secara aktif dalam kajian, promosi dan advokasi kasus-kasus konflik yang terjadi, khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun yang diulas dalam laporan ini hanya keterlibatan Pondok Pesantren Edi Mancoro dan Percik dalam inisiatif perdamaian dan penyelesaian konflik secara damai di Jawa Tengah.

Laporan field trip ini merupakan kompilasi dari lima laporan yang ditulis oleh lima orang peserta terbaik alumni training dalam kurun waktu satu minggu. Selain pendahuluan laporan ini juga akan membahas inisiatif perdamaian yang dilakukan Pondok Pesantren Edi Mancoro dan Percik, pelanggaran HAM yang terjadi dalam kasus-kasus yang ditangani, upaya penyelesaian konflik secara damai, dan rekomendasi.

 

Untuk Laporan Versi Lengkap, Download Link berikut:

Laporan Fieldtrip Semarang

 

  • 0 comment
  • Read 446 times
Login to post comments