Kegiatan Field Trip ke Gereja St. Petrus Paulus dan Komunitas GUSDURian Temanggung merupakan bagian dari kegiatan pelatihan Peningkatan Pemahaman Perdamaian di Pesantren Berperspektif HAM dan Islam, tanggal 1-4 Maret di Salatiga-Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh CSRC (Center for the Study of Religion and Culture) UIN Syarif Hidayatullah dan Konrad-Adenauer-Stiftung (KAS) dengan dukungan Uni Eropa. Kegiatan field trip dilaksanakan tanggal 3 Maret 2016. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan tentang Bina damai penyelesaian konflik yang ada di Temanggung, serta memberikan pengalaman best practice bagaimana menyelesaikan persoalan konflik yang ada secara damai, berpihak kepada HAM sesuai ajaran Islam.

Pemilihan lokasi Gereja St. Paulus Petrus dan Komunitas GUSDURian, terkait peristiwa kerusuhan amuk massa yang terjadi tanggal 8 Februari 2011. Gereja St. Paulus Petrus merupakan salah satu gereja yang mengalami kerusakan oleh sekelompok massa pada saat terjadinya sidang putusan pengadilan atas terdakwa pelaku penistaan agama Antonious Richmond Bawengan. Sedangkan komunitas Gus Durian adalah sebuah kelompok masyarakat sipil yang memiliki komitmen untuk meneruskan dan memperjuangkan gagasan pemikiran Gus Dur tentang perdamaian, toleransi, multikurturalisme, HAM dan Kemajemukan. Komunitas GUSDURian bersama pihak Gereja St. Paulus Petrus terlibat aktif melakukan inisiasi perdamaian pasca konflik amuk massa tanggal 8 Februari 2011

Laporan Field Trip ini merupakan kompilasi dari laporan yang dibuat oleh 5 orang terpilih peserta pelatihan. Dalam laporan ini dijelaskan tentang profil dari Gerja St. Paulus Petrus dan Komunitas GUSDURian, latar belakang dan kronologis kejadian kerusuhan konflik atas nama agama pada saat terjadinya amuk massa tanggal 8 Februari 2011, Pelanggaran HAM yang terjadi saat terjadinya konflik dan pasca konflik, inisiatif/upaya penyelesaian konflik secara damai yang dilakukan oleh berbagai pihak, serta rekomendasi yang bisa diberikan untuk mencegah terulangnya kejadian serupa pada masa mendatang.

 

 

Untukn Laporan Versi lengkapnya, Silahkan download di link berikut

Laporan Field Trip Salatiga 2016

  • 0 comment
  • Read 418 times
Login to post comments