Kami percaya sebagian besar masyarakat Muslim di negeri ini mendambakan kehidupan yang damai, toleran dan harmonis khususnya dalam relasi umat beragama. Berbagai perbedaan yang dapat memicu keretakan dan perpecahan selayaknya dihadapi secara bijaksana dan mengedepankan cara-cara dialogis atas dasar saling menghormati hak asasi manusia itu sendiri. Keyakinan luhur ini telah terkristalisasi dalam bentuk dasar negara Pancasila dan dikukuhkan dalam konstitusi serta undang-undang dan peraturan negara.

Dilihat dari kecenderungan umum dalam masyarakat dan juga rezim hukum yang melegitimasinya, upaya untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian dan toleransi di masyarakat sudah selayaknya mendapatkan dukungan yang luas.

Namun tentu saja berbagai kesalahpahaman dan bahkan prasangka yang terbit dari minimnya wawasan dan akibat disinformasi harus dihadapi dengan menunjukkan fakta dan argumentasi. modul ini hadir antara lain untuk menepis kesalahpahaman dan prasangka yang terlanjur hinggap dalam kesadaran sebagian kita dalam menyikapi nilai-nilai HAM, perdamaian, toleransi dan resolusi konflik.

 

Modul Pendidikan Perdamaian di Pesantren Berpespektif Islam dan HAM ini bisa di download di link-link di bawah ini:

BAB 0 PENGANTAR

BAB 1 Kontrak Belajar dan Perkenalan

BAB 2 Perdamaian dalam Islam

BAB 3 Mengenal Hak Asasi Manusia 

BAB 4 HAM dalam Islam

BAB 5 Memahami Konflik 

BAB 6 Analisis Konflik 

BAB 7 Penanganan Konflik Secara Damai  

 

  • 0 comment
  • Read 1313 times
Login to post comments